Sosial bar 1

Mengungkap Program Strategis Gubernur Kepri untuk Kemajuan Daerah

Tibunmurablogspot.com Batam,- Gubernur Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Ansar Ahmad, melakukan silaturahmi dengan masyarakat Batu Aji Permai Kavling Lama Sagulung di Kota Batam pada Ahad, 23 Juni 2024.

Hadir bersama Ansar adalah Tim Percepatan Pembangunan Kepri dan beberapa Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri.

Diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan juga Sholawat Busyro, Ansar menyampaikan rasa kebahagiannya karena masih bisa bertatap muka dengan masyarakat dan mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang hadir di pagi yang cerah ini.

“Silaturahmi dan tatap muka langsung antara pemimpin dan masyarakatnya merupakan sebuah kewajiban, terutama masyarakat Kepri yang terdiri dari berbagai latar belakang ras, agama, dan budaya. Namun, kita semua tetap satu kesatuan di bawah payung budaya Melayu,” ujarnya.

Ketua RW 04, Johan Nababan, menambahkan rasa kebahagiannya karena dapat berjumpa kembali untuk menjalin silaturahmi dengan Gubernur Kepri.

“Alhamdulillah, ini merupakan kunjungan yang kesekian kalinya oleh gubernur ke wilayah kita, sehingga beliau tidak asing lagi dengan wilayah kita ini. Semoga silaturahmi ini dapat terus jalin antara kita dengan bapak gubernur selama lima tahun ke depan dan seterusnya,” ucapnya.

Ansar juga menyampaikan berbagai program strategis yang telah dilakukan dan akan dilakukan oleh Pemprov Kepri di berbagai bidang. Diantara program yang sudah dikerjakan oleh Pemprov Kepri, yaitu:
1. Pembangunan Rumah Singgah di Batam dan Jakarta, yang dapat digunakan secara gratis oleh masyarakat Kepri yang tengah berobat.
2. Pembangunan Rumah Sakit Jiwa dan Ketergantungan Obat (RSJKO) di Tanjung Uban, Kabupaten Bintan dan pengadaan Fasilitas Pemasangan Ring Jantung dan Bedah Jantung di Rumah Sakit Umum Provinsi (RSUP) di Kota Tanjungpinang.
3. Bantuan Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) senilai Rp7 Miliar untuk pengobatan masyarakat yang tidak dicover oleh BPJS Kesehatan
4. Bantuan Seragam dan SPP Gratis untuk siswa/siswi yang bersekolah di sekolah naungan Pemprov Kepri untuk tahun ajaran baru 2024.

“Anak-anak kita ini akan menjadi penentu yang akan membuat Kepri tumbuh menjadi daerah yang lebih maju di masa depan dan para guru-lah yang akan menjadi pembimbing anak-anak kita, agar dapat mewujudkan hal tersebut. Hal ini merupakan bentuk usaha pemerintah untuk membantu bidang pendidikan semenjak dini. Kepada orang tua juga diharapkan akan lebih fokus mendampingi dan mengawasi anak-anaknya di rumah,” ujarnya.

Program lainnya adalah bantuan modal usaha untuk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dengan bunga 0%, program Kepri Terang yaitu pengadaan pasokan listrik kepada masyarakat di pulau terluar, bantuan BPJS Ketenagakerjaan untuk 46.000 masyarakat nelayan yang ditanggung Pemprov Kepri, pembangunan pelabuhan roro dan penambahan kapal roro Nusantara 1 dan Nusantara 3, pembangunan Jembatan Batam-Bintan yang merupakan terpanjang di Indonesia dan sudah masuk ke tahap pengecekan kondisi tanah, dan juga pemugaran bandara udara di Kabupaten Karimun yang direncanakan sudah bisa melayani pesawat tipe besar mulai akhir tahun ini.

“Semua program-program ini dikerjakan oleh pemerintah provinsi untuk dipersembahkan bagi masyarakat Kepri, dan hal ini wajib disebarluaskan agar dapat diketahui, dirasakan, dan dimanfaatkan oleh masyarakat Kepri,” tutupnya.