Sosial bar 1

perlu perhatian dinas sosial, anak anak yang menjadi manusia silver di lampu merah

Tribunmurablogspot.com Batam,- Anak-anak mulai marak terlibat menjadi manusia silver di berbagai titik lampu merah di Batam. Keberadaan mereka dapat diamati di simpang lampu merah jembatan layang Madani, simpang Indomobil, dan dekat simpang lampu lalu lintas Frengky.

Bahkan ditemui pula tak jauh dari kantor Pemerintah Kota (Pemkot) Batam. Maraknya manusia silver yang melibatkan anak-anak ini pun tersebar video viral di media sosial telah memicu reaksi warga.

Wati (35), warga Nagoya Batam, mengungkapkan kekhawatirannya

"Aku sih lihatnya trenyuh ya, karena kadang sudah malam masih ada juga mereka (manusia silver), apalagi ada anak-anak," ujarnya, 

"Tapi tiap kali mau menjumpai mereka di jalan, mereka kabur, dan seperti ada yang mengawasi," tambahnya.

Ia menduga ada koordinasi di balik kegiatan mengamen anak-anak tersebut, terutama karena seringkali berlangsung hingga larut malam. Wati menyimpulkan kemungkinan adanya keterlibatan orang dewasa dalam fenomena ini.

Kabid Teknis Sosial Dinas Sosial Kota Batam, Husen Siregar, menyatakan bahwa tim reaksi cepat (TRC) telah ditugaskan untuk menyisir lokasi-lokasi tersebut.

"Kita melalui tim reaksi cepat (TRC) sudah turun ke berbagai lokasi dan tempat-tempat lain, baik itu penjangkauan maupun berdasarkan laporan masyarakat," ujar Siregar pada Sabtu, 22 Juni 2024.

Lebih lanjut, Siregar menjelaskan bahwa hasil dari peninjauan dan penyisiran tersebut akan ditindaklanjuti dengan membawa anak-anak yang terjaring ke UPT Nilam Suri untuk mendapatkan pembinaan lebih lanjut.